Studi Banding 2024 HMJ Kebidanan



01 Apr 2024




Salah satu program kerja Organisasi Mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta adalah mengadakan kegiatan Studi Banding HMJ Kebidanan 2024. Sebagai bentuk meningkatkan komunikasi dengan menjalin silaturahmi, kegiatan dengan bertema “Bangun Relasi dan Komunikasi guna Meningkatkan Kualitas Organisasi ” diadakan dengan cara luar jaringan (Auditorium Lantai 5 Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang Jalan Tirtoagung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang) dan dalam jaringan (melalui media Zoom Meeting Room).

Pada hari Sabtu Legi, 30 Maret 2024 telah dilaksanakan Studi Banding HMJ Kebidanan 2024 secara Hybrid yaitu luring dan daring melalui aplikasi Zoom Meeting Room. Studi Banding HMJ Kebidanan 2024 dihadiri oleh pengurus  organisasi mahasiswa (ormawa) Jurusan Kebidanan dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Poltekkes Kemenkes Semarang serta dihadiri oleh beberapa tamu undangan. Studi banding ini mengusung tema bangun relasi dan komunikasi guna meningkatkan kualitas organisasi.

Acara dimulai pukul 06.00 WIB yang diawali dengan keberangkatan dari Yogyakarta menuju Semarang. Pukul 10.00 WIB HMJ Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah tiba di Poltekkes Kemenkes Semarang. Acara yang diawali dengan penampilan tarian khas Semarang, dilanjutkan pembacaan do’a, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Poltekkes Kemenkes Semarang, laporan ketua acara Studi Banding 2024 yang dibacakan dari kedua belah pihak yaitu dari pihak Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Poltekkes Kemenkes Semarang. Terdpat Sambutan dari Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Semarang dan Kemahasiswaan Jurusan Kebidanan Poktekkes Yogyakarta

Acara inti kegiatan Studi Banding HMJ Kebidanan 2024 yaitu penyerahan plakat dan penandatanganan berita acara, dilanjutkan materi 1 yaitu perkenalan HMJ Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dibacakan oleh Deshinta Widyaningrum dan materi 2 perkenalan HMJ Poltekkes Kemenkes Semarang yang dibacakan oleh Citra Retno dan Maharani Isa, dilanjutkan small group discussion.

 

Dalam materi tersebut disampaikan program kerja adari masing-masing HMJ kebidanan yang terdapat beberapa perbedaan serta kesamaan dalam menjalankan setiap program kerja. Dalam kegiatan small group discussion banyak memberikan sharing season dan mengajarkan banyak hal dalam menghadapi permasalahan dalam menjalankan program kerja. Acara selanjutnya dilaksanakan ice breaking dan dilanjutkan foto dokumentasi. Acara berlangsung dengan baik. Output yang didapatkan berupa wawasan dan pengetahuan mengenai ketrampilan, tata persuratan yang baik dan benar dan menjalankan tali silaturahmi yang selanjutnya dapat dijadikan acuan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan agar lebih terorganisir.