Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Gelar Centre of Excellence: Upaya Bersama Cegah Stunting di Samigaluh



08 Oct 2024




Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menggelar acara dalam rangka kegiatan Centre of Excellence Pendidikan Profesi Bidan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis Pon tanggal 03 Oktober 2024 bertempat di Rajendra Farm Samigaluh Kulonprogo. Sebagai kelanjutan lokus pemicuan desa literasi stunting di tahun ke-3 Program Centre of Excellence Pendidikan Profesi Bidan, antusias warga termasuk kader, ibu hamil, dan balita turut meramaikan acara tersebut. Setidaknya 200 lebih peserta hadir dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini termasuk direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, Puskesmas Samigaluh 1 dan 2, Kapanewon Samigaluh, serta seluruh stake holder terkait hadir pada kegiatan ini.

Kegiatan di Rajendra Farm mengandung 3 kegiatan besar; Monitoring dan Evaluasi Program Centre of Excellence dari tim UNFPA dan ditpenakes, Diseminasi hasil penelitian dosen terkait pencegahan stunting, dan Pengabdian Masyarakat di desa literasi stunting. Monitoring dan Evaluasi dihadiri oleh Dr. Akemat, S.KP., M.Kes dari Ditpenakes Kemenkes RI, dr. Elvira Liyanto beserta tim dari UNFPA, hadir pula tim Leres UGM dr. Ide, Sp.OG sebagai mitra literasi dan produk alat peraga terkait penegahan stunting.

Diseminasi hasil penelitian dilaksanakan di limasan Rajendra Farm, dengan penyaji dari dosen kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu Dr. Niken Meilani, S.ST., M.Kes dan Wafi Nur Muslihatun, S.Si.T., M.Epid. Diseminasi ini diikuti oleh seluruh stake holder dan tamu undangan, diharapkan kegiatan ini dapat memecahkan masalah terkait tidak menurunnya angka stunting di Kapanewon Samigaluh.

Selain acara diseminasi hasil penelitian, digelar pula acara pengabdian masyarakat di joglo Rajendra Farm dalam bentuk penyuluhan dan pemeriksaan gratis untuk ibu hamil dan anak balita. Seluruh peserta mendapatkan materi dan pemeriksaan sesuai kebutuhan serta goodie bag yang berisi bahan makanan kaya protein guna pencegahan stunting. Pada kegiatan ini dilakukan pula screening IDDRK produk centre of excellence sebagai upaya dini pencegahan terjadinya stunting.

Di sudut lain secara pararel dan simultan berjalan pula advokasi dari seluruh stake holder, tim UNFPA, Ditpenakes Kemenkes, serta tim Leres UGM untuk memperkaya inovasi alat, pencanangan program, dan upaya tindak lanjut FGD (focus group discussion) sebagai upaya lebih lnjut dan terkini dalam penanggulangan stunting khususnya di Kapanewon Samigaluh. Tim panitia juga menampilkan alat peraga, modul, video promosi Kesehatan, serta produk-produk hasil program centre of excellence Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Melalui serangkaian acara ini, diharapkan antusias dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pencegahan stunting sejak dini dapat meningkat. Pencegahan stunting dapat dilakukan bahkan jauh-jauh hari sebelum bayi lahir, yakni sejak masa remaja Wanita (calon ibu). Hal ini selaras dengan testimoni tim monev dari Kemenkes dan UNFPA, serta dinkes terkait yang berharap kegiatan seperti ini dapat disusul di daerah-daerah lain.

Kontributor : Trian Hidayat