Mahasiswa Anestesiologi Poltekkes Yogyakarta Raih Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Nasional



16 Jul 2024




Yogyakarta - Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi dari Politeknik Kesehatan Yogyakarta (Poltekkes Yogyakarta), Ranti Puspita Putri Laoegi, berhasil meraih juara 1 dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat nasional tahun 2024. Prestasi ini diraih setelah melalui serangkaian seleksi yang ketat, mulai dari tingkat program studi, jurusan, direktorat, wilayah provinsi, hingga nasional.

Ranti, begitu ia kerap dipanggil, awalnya tidak pernah membayangkan akan menjadi sosok yang mewakili kampusnya dalam kompetisi bergengsi ini. Keterlibatannya dalam berbagai kompetisi dan ekstrakurikuler selama ini dilakukan untuk kesenangan pribadi. Namun, titik balik terjadi ketika dosen yang juga mengampu Koordinator Kemahasiswaan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, MA yang akrab dipanggil dengan Ibu Eko, menawarkan kesempatan tersebut. "Kamu mau jadi perwakilan mapres tidak?" tanya sang dosen, yang disambut dengan antusias oleh Ranti.

Perjalanan panjang menuju puncak prestasi ini melibatkan berbagai penilaian, mulai dari kemampuan berbahasa Inggris yang diasah melalui peran sebagai MC dan moderator dalam bahasa Inggris, hingga pencapaian unggulan yang mencakup sertifikat kompetisi, partisipasi dalam organisasi, aksi kemanusiaan, dan aspek penilaian gagasan kreatif.

Aspek gagasan kreatif menjadi tantangan tersendiri bagi Ranti. Sebagai mahasiswa Anestesiologi, ia dihadapkan pada tantangan untuk membuat inovasi yang sejalan dengan keahliannya. Meski penata anestesiologi merupakan bidang baru di Indonesia, ia berhasil menerapkan ilmu yang diperoleh untuk menciptakan solusi kreatif terhadap permasalahan yang ada.

Keberhasilan ini bukan hanya hasil dari kerja keras dan tekadnya, tetapi juga berkat dukungan penuh dari Poltekkes Yogyakarta, keluarga, teman, dan dosen yang selalu memberikan dorongan maksimal. Mahasiswa berprestasi ini berhasil membuktikan bahwa dengan dukungan dan kerja keras, impian besar dapat diwujudkan.