THE SECOND NATIONAL SEMINAR OF ENTREPRENEURSHIP 2024 D3 RMIK 2024: “MENCIPTAKAN ENTREPRENEUR MILENIAL YANG ADAPTIF, KOLABORATIF, DAN KOMPETITIF DI ERA DIGITAL”



08 Oct 2024




Mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan di negeri ini yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Oleh karena itu sudah saatnya dilakukan perubahan paradigma berpikir dikalangan mahasiswa. Yaitu dari pola pikir klasik, seperti mencari kerja setelah lulus kuliah akan diubah menjadi seorang pencipta lapangan kerja yang berbasis pada usaha kecil dan menengah, sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Demi mewujudkannya, mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (D3 RMIK) semester 3 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, menyelenggarakan acara The Second National Seminar Of Entrepreneurship 2024 sebagai salah satu tugas untuk mata kuliah kewirausahaan. Acara The Second National Seminar Of Entrepreneurship 2024 dilaksanakan pada hari Sabtu Kliwon, 5 Oktober 2024. 

Peserta acara The Second National Seminar of Entrepreneurship hari Sabtu Kliwon, 05 Oktober 2024 terdiri dari 341 peserta. Berikut adalah persebaran peserta dari beberapa wilayahnya.

1.    Aceh = 1

2.    Bali = 1

3.    Banten = 3

4.    Bengkulu = 8

5.    Gorontalo = 1

6.    Jakarta = 2

7.    Jambi = 2

8.    Jawa barat = 23

9.    Jawa tengah = 66

10.  Jawaa timur = 10

11.  Kalimantan barat = 2

12.  Kalimantan selatan =1

13.  Kalimantan Tengah = 3

14.            Lampung = 8

15.            Nusa Tenggara Barat = 3

16.            Palembang = 1

17.            Papua = 1

18.            Riau = 1

19.            Sulawesi tengah = 1

20.            Sulawesi utara = 2

21.            Sulawesi barat = 2

22.            Sulawesi selatan = 10

23.            Sumatera utara = 4

24.            Yogyakarta = 185

Berkaitan dengan hal ini mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yoyakarta mengadakan kegiatan seminar kewirausahaan untuk mendapatkan kisah dan pengalaman langsung dari seorang entrepreneur yang berpengalaman dan diharapkan para mahasiswa dapat memiliki pengetahuan untuk membangun dan mengembangkan jiwa wirausahanya dan bahkan sampai mendapatkan kesuksesan.

Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dan diawali dengan registrasi peserta, diikuti oleh pembukaan acara oleh MC pada pukul 08.00 WIB. Setelah pembacaan tata tertib, peserta menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Poltekkes Kemenkes, dan Hymne Poltekkes Kemenkes. Selanjutnya adalah pembacaan Visi Misi Program Studi D3 RMIK. Ketua panitia kemudian menyampaikan laporan acara, diikuti oleh sambutan sekaligus pembukaan resmi oleh Ketua Program Studi D3 RMIK, Ketua Jurusan Kebidanan, dan juga Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi oleh Kakak Reisa Ibtida, S.H., M.KN. Pemaparan materi dilakukan dengan sangat bersemangat dan cara penyampaiannya yang lugas, membuat acara ini sangat menarik perhatian para peserta. Acara The Second National Seminar of Entrepreneurship 2024 merupakan acara seminar pertama yang Kakak Reisa Ibtida, S.H., M.KN setujui untuk bergabung sebagai pemateri.

Kakak Reisa Ibtida, S.H., M.KN memberikan ruang diskusi untuk para wirausaha yang masih belajar, ataupun belum yakin dengan hal yang harus dilakukan. Kakak Reisa Ibtida, S.H., M.KN memberikan saran-saran yang sangat membantu untuk meningkatkan semangat para peserta dalam berwirausaha. Menurutnya keberhasilan akan datang jika kita konsisten. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dan putus semangat dalam menjalani suatu kegiatan saat kita menemui kendala ataupun hambatan dalam prosesnya.

Kontributor : Trian Hidayat